Menambahkan Template/Theme Lain ke Framework Yii2 Basic

United Bootswatch

Dalam framework Yii2 memang sudah tersediah template default yang bisa kita lihat saat pertama kali menginstall, tapi kalau templatenya begitu-begitu saja pasti kurang bagus bukan ?

di Yii2 yang kelihatannya pakem dan kaku, sebenarnya sangat mungkin untuk merombak banyak aspek apalagi dari segi penampilan  framework ini, salah satunya adalah memasukkan template lain atau tema lain sesuai keinginan penggunanya. Berikut ini tahapan sederhananya :

untuk kali ini saya hanya ingin menambahkan theme bootstrap yang berbeda dari theme default, *tidak memberikan banyak perubahan. Namun ini juga bisa berguna untuk anda yang ingin merobak banyak bagian di tampilan yii2.

  • Silahkan buka folder assets/ dan buka file AppAsset.php, disitu bisa kita lihat base urlnya adalah @web dimana itu mengarah ke folder web. Jadi template/theme baru kita nantinya akan ditempatkan di folder web. 

  • Pindahkan folder template/theme baru anda ke folder web/ , disini saya buat folder temaku/ dan memasukkan css bootstrap disitu.
  • Buka kembali ke file AppAsset.php, tambahkan kode yang merujuk ke .css anda di dalam public $css , sebaiknya tidak perlu menghapus kode default, jika memang tidak diperlukan saya sarankan untuk memberi tanda 'comment' dari pada menghapus. Seperti contoh ini saya akan menambahkan file bootstrap theme saya ke sini.

  • Saya pindahkan public $css kebawah, karena saya tidak memasukkan paket  bootstrap secara keseluruhan, hanya css nya saja. jadi saya biarkan jquery bootstrap dan paket-paket lainnya masih tetap. dan Saya tindih css bootstrapnya dengan yang baru.
  • Silahkan refersh halaman browsernya ! ^_^



2 Comments

  1. Template sama theme itu sama apa beda sih?

    ReplyDelete
  2. Kalau secara arti bahasanya sepahaman kami itu memang beda, template adalah file yang berfungsi sebagai titik awal untuk sebuah dokumen baru (sumber : https://rifqimulyawan.com/). sedangkan theme(tema) adalah Kesatuan visual unik yang terdiri atas warna, huruf, gambar dan suara, dalam sebuah aplikasi (Sumber : https://glosarium.org/).
    Kita bisa membuat template dengan theme tertentu, seperti membuat template halaman profil dengan theme Bootstrap Bootswatch (https://bootswatch.com/).
    Kalau kita baca lagi sepertinya tutorial yg diatas lebih cocok menggunakan kata theme ^_^ .
    Menurut saya pribadi, biasanya theme dan template ini kayak jadi satu kesatuan gitu.
    Terimakasih pertanyaannya, semoga jawaban ini bisa sedikit membantu ya.

    ReplyDelete
Previous Post Next Post