Source Code Contoh Membuat Login Session User Level Serderhana Menggunakan PHP

Sebelum download source codenya, mari kita cari tahu dulu apa itu pengertian dari beberapa istilah yang tertera dalam judul.
Apa itu login ? Secara umum pasti kita sudah tahu apa itu login yang merupakan suatu upaya untuk masuk ke dalam situs menggunakan identitas tertentu, kita sering melakukan login dalam kehidupan sehari-hari misalnya saat akan menggunakan media sosial dsb.
Lalu apa itu session ? Session adalah sebuah varibel sementara yang diletakkan di server. Di mana PHP bisa mengambil nilai yang tersimpan di server walaupun kita membuka halaman baru. Biasanya session akan hilang jika anda menutup browser. (Di kutip dari PlanetPhp).
Apa itu User Level ?, singkatnya user level adalah pemberian level atau tingkatan pada user. Misalnya dalam suatu web akan dibuat dua tingkatan user, yang pertama user biasa dan yang kedua user admin (Selengkapnya silahkan cari sendiri di google :v ). Nah jenis level user sederhana ini lah yang akan kalian dapatkan di source code ini.

Silahkan lihat uml singkat dibawah ini !


Dari gambar di atas bisa kita lihat ada perbedaan kegiatan antara user biasa (untuk selanjutnya disebut user) dan admin. User hanya dapat melihat menu sedangkan admin dapat mengelola menu.
Maka bisa kita ambil kesimpulan, bahwa semestinya menu dalam halaman admin akan berbeda dari menu pada halaman user. Itu karena nantinya menu halaman user di kelola oleh admin, sedangkan menu halaman user bisa kita buat statis menggunakan html.
Selanjutya, lihat contoh rencana daftar menu sederhana dibawah ini !


Setelah memahami konsep diatas, silahkan download source code nya dengan link download dibawah ini !


Catatan :
1. Database sudah ada dalam file zip dengan nama muezza.sql silahkan diganti sesuai keinginan sendiri
2. Silahkan ubah username, password, dan nama database dalam file config.php
3. Untuk username dan password login
Username Password Level
kiddies kiddies admin
hana hana user

Dari file zip diatas jika sudah di ekstrak dan di konfigurasi dengan benar. Maka akan tampil tampilan kira-kira seperti dibawah ini dibrowser !





Terimakasih, semoga bermanfaat !

Post a Comment

Previous Post Next Post