Contoh Web Service dengan Format XML dan JSON Menggunakan Code Igniter

Sebelum masuk ke poin inti, Pertanyaannya pertama adalah apa itu web service ?
Web service adalah sebuah sofware aplikasi yang tidak terpengaruh oleh platform, ia akan menyediakan method-method yang dapat diakses oleh network. Ia juga akan menggunakan XML untuk pertukaran data, khususnya pada dua entities bisnis yang berbeda.
Definisi lain : Web service  adalah sistem software yang dirancang untuk mendukung interopabilitas mesin-ke-mesin yang dapat berinteraksi melalui jaringan.  Web service memiliki antarmuka yang dijelaskan dalam format mesin-processable (khusus WSDL). Sistem lain berinteraksi dengan  Web service dalam cara ditentukan oleh deskripsi dengan menggunakan pesan SOAP, biasanya disampaikan menggunakan HTTP dengan serialisasi XML dalam hubungannya dengan Web lainnya yang terkait standar. (Ini dikutip dari : Hamdani Blog, Silahkan kunjungi linknya untuk pengetahuan lanjutan).



Kalau menurutku sendiri, sederhananya adalah web service itu penyedia datanya, sedangkan data itu nantinya akan ditampilkan lebih rinci dan informatif oleh website atau aplikasi lain. Semoga tidak tambah mumet dengan pengertian ini. :D

Langsung saja, saya akan menampilkan data dari webservice yang berbentuk xml, dan di web saya akan saya tampilkan dalam bentuk tabel. Nah kira-kira saya menginginkan datanya akan begini !


 Yang apabila pada select optionnya saya pilih Manajemen Informatika,maka akan tampil seperti ini !




Namun data awal dari webservice adalah seperti ini ! (Silahkan lihat pada file ws/application/controller/mahasiswa/data_mahasiswa_format_xml untuk melihat script agar bisa menggunakan format xml, dan ganti xml menjadi json untuk melihat script agar bisa menampilkan dari webservice dalam format json)

Ini contoh format xml pada webservicenya

Dan ini contoh format json pada webservicenya

Silahkan dicoba-coba sendiri, hati-hati karena saat mengambil data yang dipakai bukan function diatas, tapi tanpa kata format. Bisa anda lihat disource code.

Untuk saat ini silahkan download langsung source codenya di tombol Download dibawah ini ya ! :D Lain kali InsyaAllah bisa posting penjelasan, atau tutorial step by stepnya.
Berikut ini link yang bisa kalian gunakan diaplikasi tersebut ! :D
  1. http://localhost/ws/index.php/mahasiswa/data_mahasiswa_format_xml


Post a Comment

Previous Post Next Post