Konfigurasi Database Laravel 8.0

Apakah kamu terbiasa mengatur konfigurasi koneksi database melalui koneksi.php atau connection.php atau database.php atau file berekstensi .php yang lain ?. Bagi orang yang sebelumnya terbiasa menggunakan PHP Native atau mungkin framework PHP versi lama yang mengatur koneksi databasenya melalui file .php, dilaravel berbeda dan lebih secure menurut saya. Karena di laravel mengatur koneksinya di file .env yang mana file tersebut tidak akan ikut terupload apabila kita Push ke Git Hub.

Untuk yang masih newbie seperti saya, menggunakan koneksi ini mungkin sedikit asing. Sebagai catatan belajar, berikut ini adalah bagaimana konfigurasi database di laravel.

Jadi di dalam laravel, kita bisa buka di file config/database.php

Di file tersebut terdapat beberapa macam koneksi yang bisa kamu gunakan. Misalkan saya memakai database mysql, maka saya butuh mengkonfigurasi di env nanti atribut yang nilainya terdapat di env(bla bla bla).

Berikut ini contohnya : 

Berdasarkan gambar diatas berarti saya menggunakan jenis connection mysql, DB_HOST, DB_PORT, DB_DATABASE, DB_USERNAME, dan DB_PASSWORD adalah attribut yang dipakai untuk koneksi database di settingan config/database.php

Menurut saya ini jauh lebih bagus daripada kita harus membuat jenis koneksi sendiri-sendiri, karena laravel sudah menyediakan settingannya kita tinggal mengisi attributnya saja dan siap digunakan untuk koneksi ke beberapa jenis database server.

Lanjut ke catatan bagaimana caranya membuat koneksi ke dua database yang berbeda di laravel yuk !

Post a Comment

Previous Post Next Post