Ganti Tampilan Tanpa Reload Halaman dengan Livewire di Laravel 8.0



Langkah pertama silahkan tambahkan livewire di project anda, kali ini aku contohkan dengan composer :

composer require livewire/livewire

Disini saya ingin membuat tampilan detail dari pilihan berbentuk select, yaitu jadwal klinik dari klinik yang dipilih. Buat file livewirenya dengan perintah dibawah ini.

php artisan make:livewire ListJadwalKlinik

Dengan perintah itu live wire akan membuatkan dua file, file pertama untuk controllernya, file kedua adalah untuk viewnya.

Di file blade utama (bukan buatan livewire) saya tambahkan code.


Untuk pilihannya saya memakai select, jadi di file blade utama saya tambahkan ini juga :



Untuk menangani onclik dari tombol search saya buatkan function javascript seperti dibawah ini :

Untuk memproses perintah yang dikirim melalui button tadi, controller livewirenya saya buat seperti dibawah ini :


Selesai, silahkan mencoba !
FYI, ada banyak metode yang disarankan oleh livewirenya sendiri jadi kalian cari yang paling cocok dengan yang kalian butuhkan ya !. Semoga berhasil.


Post a Comment

Previous Post Next Post